SEHATKAH MAKANAN BALITA SAYA?


     Benarkah makanan yang ibu berikan sudah sehat dan bergizi? Apakah porsinya sudah mencukupi? Nah. untuk memastikan balita ibu mendapatkan makanan bergizi dengan porsi yang cukup, mari amati indikator berikut ini.

INDIKATOR BAB

    BAB (Buang Air Besar) bisa menggambarkan asupan serat dalam balita ibu. Lihatlah setiap hari ketika balita anda melakukan rutinitas buang air besarnya dan amati pula kotorannya. Agar lebih jelasnya, ibu bisa berpatokan pada kunci BAB-5 :

  1. BAB minimum setiap hari (bisa lebih dari satu kali tetapi tidak diare atau sakit perut)
  2. BAB tanpa mengejan, kotoran keluar secara otomatis tanpa di dorong
  3. BAB kotoran mengambang, tidak tenggelam
  4. BAB 2 menit, kotoran sudah keluar semua
  5. BAB merasa tuntas
     Jadi jika balita ibu tidak setiap hari buang air besar atau selalu mengejan stiap kali buang air besar, benahi lagi asupan makanannya. Terutama asupan makanan berseratnya, seperti beras merah, sayuran segar, buah segar dan polong-polongan.

   Kentut dan kotoran yang berbau terlalu tajam menusuk juga bisa mengindikasikan rendahnya asupan serat makanan. Asupan serat yang rendah meningkatkan volume makanan pembentuk gas di dalam usus besar karena kotoran sulit dibuang tanpa serat yang cukup. Kecuali polong-polongan, makanan hewani merupakan sumber protein yang miskin serat dan biasanya tertahan lama dalam usus besar jika tidak ada serat. PAdahal, sebagian besar makanan kaya triptofan, salah satu asam amino penyusun protein hewan inilah penyebab bau tajam menusuk pada gas buang dan kotoran anak. Oleh karena itu selalu dampingi dengan asupan serat yang cukup.

INDIKATOR FLU ATAU DEMAM

  Amati balita ibu, apakah ia mudah terserang flu atau demam dibanding anak-anak seusianya? Apakah dalam tiga bulan berturut-turut ia selalu menderita flu atau menderita demam tanpa flu dalam setiap bulan?

   Serangan flu menandakan rendahnya sistem kekebalan tubuh. Demam menandakan peradangan dalam sistem tubuh anak. Hal ini berkaitan dengan terbatasnya asupan nutrisi penjaga imunitas, terutama vit C , betakaroten dan seng. Coba amati apakah asupan buah-buahan segar, sayuran dan ikan terlalu sedikit? jika ya, perlahan-lahan tingkatkan lagi.

INDIKATOR ALERGI MAKANAN

    Apakah balita ibu termasuk memiliki gangguan alergi terhadap amkanan tertentu atau bahkan beberapa jenis makanan? Pada dasarnya, menghindari makanan pencetus alergi saja tidaklah cukup. Alergi muncul berkaitan dengan rendahnya sistem kekebalan tubuh. Semakin banyak makanan yang membuat alergi, bisa jaadi hal itu mencerminkan semakin rendahnya imunitas anak. Oleh karena itu, tingkatkan lagi asupan makanan oenggenjot sistem kekebalan tubuh.

INDIKATOR TINGGI DAN BERAT BADAN

    Kecukupan gizi dan porsi makan balita dapat di ukur dengan berpedoman pada patokan ini. Jika berat badannya kurang dari patokan berat badan normal, patut di duga asupan makanan sumber kalorinya kurang. Perhatikan lagi porsi makan anak ibu. 


sumber : menu balita pa wied

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEHATKAH MAKANAN BALITA SAYA?"

Post a Comment