NUTRISI BAGI BALITA

      

     
    Kebutuhan utama yang lebih dahulu di perhatikan adalah kecukupan asupan bahan makanan sumber energi. Mustahil zat gizi lain dapat dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh, kalo misalnya tubuh tidak mendapatkan cukup pasokan energi. Minimnya pasokan energi membuat tubuh lebih sibuk menguras simpanan energi dalam hati dan otot sehingga metabolisme nutrisi kurang optimal. 

       Oleh karena itu, pembenahan pertama pada balita dengan berat badan kurang dari berat badan normal adalah meningkatkan porsi makannnya. Utamakan makanan sumber energi yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti beras merah atau beras putih tumbuk. Sesekali, beragam umbi-umbian bisa menjadi pelengkap atau pengganti. Lengkapi dengan protein dan lemak sebagai tambahan sumber energi.   Karbohidrat protein-lemak sehat adalah kebutuhan pertama yang harus di penuhi untuk menunjang pertumbuhan anak secara menyeluruh. 

       Nah, selain itu untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, balita butuh yang namanya sejumlah penopang nutrisi. Apa sajakah itu? Diantaranya, kalsium untuk pertumbuhan tulang dan giginya, lemak sehat, vit B kompleks untuk menunjang kecerdasannya. Bersama sumber energi, zat besi dan vit B kompleks di perlukan tubuh balita untuk menghasilkan energi. Dan satu lagi ialah zat non gizi pun mempunyai peran untuk menunjang kesehatan dan tumbuh kembang balita, seperti serat makanan, baik serat tak larut maupun yang larut seperti pektin.  

      Semua zat-zat gizi tersebut tidak dapat berdiri sendiri, karena masing-masing memiliki hubungan saling ketergantungan agar bisa memberi manfaat yang optimal bagi tumbuh kembang balita kita.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NUTRISI BAGI BALITA"

Post a Comment